Apa Itu Email Marketing

email marketing

Dengan menerapkan berbagai tips & trick email marketing di atas, maka mempromosikan produk maupun jasa Anda tentu akan jauh lebih mudah. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk memanfaatkan apa itu email marketing dalam bisnis maupun perusahaan Anda. Jika Anda ingin melihat hasil experiment yang sudah ada, MailChimp pernah melakukan suatu penelitian untuk melihat kapan waktu yang tepat untuk orang-orang mengirim email newsletter. Dari hasil penelitian, MailChimp menemukan bahwa hari pengiriman tidak berpengaruh banyak, meskipun kebanyakan orang lebih sering mengecheck email mereka di hari biasa. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa kebanyakan pengguna MailChimp mengirim email di jam 10 pagi sesuai dengan timezone penerima email. Tetapi setelah mempelajari data lebih dalam, MailChimp menemukan bahwa jenis konten, lokasi, umur, dan pekerjaan penerima juga memiliki efek terhadap open email rates. Jika Anda sudah mengimplementasikan email marketing, Anda pasti sudah memiliki email list atau daftar pelanggan email.

Untuk meningkatkan open email rate, Anda harus memastikan bahwa daftar yang Anda miliki berisi email pelanggan yang aktif. Jangan takut untuk menghapus beberapa pelanggan yang sudah tidak aktif atau jarang berinteraksi dengan bisnis Anda. MailChimp merupakan penyedia layanan email marketing yang digunakan oleh jutaan bisnis bahkan perusahaan untuk mengirimkan email setiap harinya. Strategi email marketing tahun lalu tidak bisa dipakai lagi seluruhnya di tahun ini.

email marketing

Menurut HubSpot, segmentasi pada email marketing akan meningkatkan open rate sebesar 94 persen dan 38 persen click-through rate. Tujuan email marketing adalah untuk membuat promosi produk atau jasa melalui surat elektronik, sehingga produk dan jasa yang kita tawarkan diketahui pelanggan dan pengguna. Email marketing bukan hanya untuk mereka yang membangun perusahaan besar.

Terlebih sudah ada banyak pemilik bisnis yang berhasil memasarkan produk maupun jasa mereka dengan menggunakan email marketing. Tentunya mereka juga memiliki email list yang cukup banyak, dengan begitu dalam memasarkan produk pun akan lebih banyak mendapat keuntungan. Jadi, jika Anda pemilik bisnis maupun perusahaan dan belum pernah mencoba menggunakan apa itu email marketing, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakannya dari sekarang. Tak hanya itu, email marketing memang dinilai lebih efektif untuk dilakukan. Terbukti dengan tingginya pengguna email marketing dari waktu ke waktu.

Kamu yang masih merintis bisnis online pun harus mempertimbangkan penggunaan dari email marketing ini. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memecah email dalam beberapa email series sesuai dengan lifecycle email marketing dan berikan mereka alasan untuk terus memilih produk atau layanan kamu. Tahukah kamu, salah satu kegiatan marketing yang tidak boleh dilewatkan adalah menjalankan email marketing. Setiap kegiatan digital baik di media sosial, maupun melalui email marketing akan berdampak sangat besar untuk bisnismu.

Banyak elemen personalisasi yang bisa dilakukan pada email marketing berdasarkan data pelanggan yang kita miliki. Lakukanlah email marketing yang bersifat pribadi dengan konten yang berguna untuk pelanggan.