Pengertian Business Atau Waralaba

franchise adalah

Karena bisnis ini memang berhubungan langsung dengan UU hukum negara, pastinya akan ada resiko atau sanksi pelanggaran franchisee. Franchisor yang terpercaya adalah franchisor yang telah terbukti sukses dan mengoperasikan outlet milik mereka sendiri yang dinamakan Company Owned Outlet atau Pilot Store. Jangan pernah membeli hak waralaba dari franchisor yang tidak memiliki outlet yang sejenis dengan outlet yang dipasarkan hak waralabnya. Di dalam FOC harus tercantum neraca, dan P&L Statement dalam periode 3 tahun kebelakang yang sudah diaudit oleh akuntan publik. FOC diberikan paling tidak sepuluh hari sebelum calon franchisee memutuskan untuk membeli atau tidak hak waralaba yang ditawarkan oleh franchisor.

Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk produknya dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar bisnis Anda. Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relatif dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan. Royalty fee adalah biaya yang harus dibayarkan oleh penerima waralaba setelah menjalankan usahanya. Umumnya berupa persentase dari pendapatan yang diterima oleh franchisee setiap bulannya di luar pajak. Bila franchisor maupun franchisee tidak memenuhi persyaratan dan tidak memenuhi hak serta kewajiban masing-masing, sehingga akan timbul kerugian bagi salah satu pihak dan tetap menjalankan usaha. Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis franchisee ini, tetapi dibalik hak-hak franchisee akan ada sanksi bila kita melakukan pelanggaran.

Meski harus mengeluarkan modal yang besar di awal, namun bisnis franchise sudah memiliki teknik pemasaran yang telah dilaksanakan oleh pelaku bisnis lain serta mendapatkan dukungan dari pemilik franchise tersebut. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah membuat panduan marketing dari nol dan hal ini sangat menguntungkan dari segi budgeting. Namun jika digali lebih dalam, ada beberapa keuntungan dalam berbisnis waralaba dan tak dipungkiri bahwa bisnis ini bisa menjadi pilihan usaha terbaik untuk Anda. Bagi sebagian besar pemilik waralaba, biaya waralaba awal tidak dapat dinegosiasikan, tetapi, seperti halnya kontrak apa pun, jumlah biaya waralaba adalah apa pun yang disetujui kedua belah pihak.

franchise adalah

Aturan yang baik untuk diikuti dalam menetapkan biaya adalah untuk memastikan bahwa pewaralaba dalam kondisi yang sama harus diperlakukan dengan cara yang sama. Dalam menjalankan bisnis franchise, terdapat ketentuan dan aturan yang harus dijalankan oleh pemilik waralaba dan penerima waralaba. Secara umum usaha waralaba adalah bisnis yang sangat menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk setiap orang. Selain jenis waralaba-nya punya banyak konsumen, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis franchise.

Ketelitian dan disiplin calon farnchisee untuk meminta FOC kepada franchisor merupakan salah 1 faktor yang dapat melindungi calon franchisee atas penanaman yang akan ditanamkannya. Gak usah membeli hak waralaba dri franchisor yang tidak hendak memberikan FOC kepada kandidat franchiseenya. Disclosure merupakan 1 kewajiban dari franchisor pada calon franchisee. Disclosure adalah penyajian fakta berupa hal penjualan, personalia maupun ekonomi dari franshisor kepada kandidat franchisee. Disclosure pada depan pembelian hak waralaba diketahui juga dengan sebutan G√ČNOIS. Dalam praktek selanjutnya disclosure agreement kadang dilakukan andai franchisor memberikan satu kejelasan baru berkaitan dengan cara waralaba tersebut kepada pra franchiseenya. Sifranchisee akan menghasilkan hak penggunaan merk dagang, dukungan berkelanjutan, dan sistemfranchise untuk menjalankan bisnis serta menjual produk atau pelayanan.